Selasa, 10 Agustus 2010

Tarif Air PDAM Bakal Naik

MEDIA JAMBI – Tarif air bersih direncanakan akan naik karena tarif yang berlaku sekarang dinilai tidak bisa menutupi biaya produksi. Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mayang, Kota Jambi tengah membahas rencana itu bersama walikota Jambi dan DPRD Kota Jambi.
Direktur Utama PDAM Tirta Mayang, Firdaus mengatakan, saat ini harga jual rata-rata air minum PDAM sebesar Rp 1.200 per meter kubik atau Rp1,2 per liter. Sedangkan rata-rata biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk satu meter kubik sebesar Rp3.300.
“Dengan adanya tarif saat ini PDAM masih mengalami kerugian karena harga jual lebih murah dari biaya produksi. Untuk itu kami berkesimpulan kenaikan tarif merupakan suatu keharusan,” ujarnya tanpa merinci berapa seluruh kerugian yang dialami. Menurut dia, biaya operasional PDAM setiap tahun juga selalu mengalami kenaikan, sedangkan tarif dasar air PDAM di Kota Jambi sudah tiga tahun tidak ada kenaikan. “Pembayaran rekening dari pelanggan hanya dapat menutupi biaya operasional saja,” katanya.
Ia menjelaskan, untuk membangun Instalasi Pengelohan Air (IPA) baru di Kota Jambi, tarif dasar air harus dinaikkan lebih dari Rp 3.300. Dengan tarif tersebut PDAM Tirta Mayang Kota Jambi diprediksi baru bisa melakukan investasi untuk pengembangan.
Idealnya tarif air minum harus naik setiap hari sejalan dengan inflasi. Karena tarif air PDAM Tirta Mayang sudah tiga tahun tidak naik maka kenaikan tarif diperkirakan akan cukup tinggi.
Ia mengakui tidak bisa berbuat apa-apabila harga jual saat ini lebih murah dibanding harga produksi.
Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Mayang Arief Sufianto menambahkan, untuk sementara tarif dasar akan dinaikkan menjadi Rp1.600 per meter kubik atau Rp 1,6 perliter. Hal itu untuk mencapai “full cost recovery” atau harga jual sama dengan biya produksi.
Pihaknya telah bertemu Wali Kota Jambi R. Bambang Priyanto dan Komisi B DPRD Kota Jambi untuk membahas tentang rencana kenaikan tarif dasar air PDAM tersebut.(mas/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar