Minggu, 24 Oktober 2010

Puluhan Ribu Penduduk Jambi Sangat Miskin

MEDIAJAMBI—Jumlah penduduk yang tergolong sangat miskin mencapai 33.309 jiwa. Ironisnya, anggaran yang difokuskan untuk pengentasan kemiskinan masih jauh dari harapan. Dibutuhkan perhatian penuh pemerintah untuk mengatasi persoalan sosial ini.
Demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Handayani Kamis (21/10) lalu. “Kalau kita melihat anggaran pengentasan kemiskinan, jauh dari harapan. Penduduk miskin harus mendapat perhatian dari pemerintah,” katanya.
Pada rapat dengar pendapat dengan Dinas Sosnakertrans beberapa waktu lalu, pihaknya mempertanyakan peruntukan alokasi APBD tahun 2011 untuk pengentasan kemiskinan. Ketika ditanya proporsi alokasi anggaran, Handayani menjelaskan anggota Komisi IV yang duduk di Banggar tengah melakukan pembahasan intensif.
Sementara Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi Rafli Nur mengatakan, angka penduduk yang sangat miskin di Jambi tergolong masih tinggi Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan kerjasama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang lebih serius.
Sebaran penduduk miskin ini, lanjut Rafli—bukan hanya terkonsentrasi di Kota, melainkan tersebar hingga ke beberapa kabupaten. “Coba kita lihat di sekitar kita, hampir di setiap tempat masih banyak terdapat keluarga yang miskin. Ini memang menjadi tantangan kita ke depan,” jelasnya.
Selain jumlah 33.309 jiwa penduduk sangat miskin di Jambi, masih juga terdapat 130.863 penduduk miskin yang usianya diatas 60 tahun, atau 4,62 persen dari total penduduk Jambi. Yang lebih memprihatinkan, sebanyak 16 ribu jiwa kehidupannya terlantar alias tidak mempunyai tempat tinggal.(jun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar