Minggu, 24 Oktober 2010

80 Rumah “Dibedah” Pemkot

MEDIAJAMBI—Sekitar 80 rumah warga akan “dibedah” Pemkot Jambi November mendatang. Menyusul program bedah rumah Pemkot yang sempat tertunda tahun 2009 lalu. Kepala Bagian Kesra Setda Kota, Najmi mengatakan, 80 rumah itu tersebar di tujuh kecamatan. Masing-masing 16 rumah di Kecamatan Kota Baru, 13 rumah di Kecamatan Jambi Selatan, 24 rumah di Kecamatan Jambi Timur, Jelutung tujuh rumah, Telanaipura 13 rumah, Pelayangan enam rumah dan Kecamatan Danau Teluk satu rumah. “Pada program ini, kita menggunakan pos bantuan dana hibah APBD Murni 2010. tiap rumah yang dibedah memperoleh dana Rp 11 juta,” ujar Najmi.
Program ini direncanakan berakhir Desember 2010. program bantuan dilakukan dalam bentuk uang tunai, bukan barang. Pemkot, lanjut Najmi, sudah melakukan pendataan dan penyeleksian dengan melibatkan RT, lurah dan pihak kecamatan.
“Sebelum dana diberikan, pihak ketua RT, kelurahan dan kecamatan akan meneliti apakah warga benar-benar pemilik tanah,” lanjutnya. Untuk mengawasi agar penerima benar-benar merealisasikannya, Bagian Kesra sudah membentuk tim pengawasan. Apabila warga penerima bantuan bedah rumah tidak memanfaatkannya sesuai yang sudah diinstruksikan, maka dana bedah rumah itu harus dikembalikan.
Di sisi lain, Najmi mengaku beberapa warga yang namanya sudah masuk dalam surat keputusan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah, malah mengundurkan diri. Itu dikarenakan warga merasa tidak layak untuk mendapat bantuan bedah rumah. Jatah warga yang mengundurkan diri dialihkan kepada warga lain yang lebih layak menerima. “Data penerima bedah rumah yang digunakan itu adalah data tahun 2009, jadi ada warga yang sekarang sudah merasa ekonomi baik, mengundurkan diri sebagai penerima program itu,” jelasnya.
Untuk tahun 2011, penerima program bedah rumah akan bertambah. Diperkirakan penerimanya menjadi 150 orang.
(yen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar