Senin, 08 November 2010

Persediaan Hewan Kurban Mencukupi

MEDIAJAMBI—Kebutuhan sekitar 1.000 sapi dan kambing untuk Hari Raya Idul Adha 1431 H tercukupi. Setelah Dinas Peternakan Kota Jambi mendatangkan hewan dari beberapa provinsi tetangga. Saat ini, hewan tersebut ditempatkan di beberapa lokasi penampungan hewan.
Kepala Dinas Peternakan Kota Jambi, Harlik mengatakan, persiapan menghadapi hari raya kurban sudah dilakukan jauh hari. Bersama swasta, mereka mulai mendatangkan stok sapi maupun kambing. Beberapa daerah yang menjadi langganan penyediaan stok hewan diantaranya Kabupaten Batanghari, Merangin, Sarolangun dan Kerinci. Sementara untuk luar Provinsi Jambi sebagian hewan berasal dari Pulau Jawa dan Lampung.
“Untuk saat ini, para peternak di Kota Jambi khususnya memang belum bisa memenuhi permintaan baik daging maupun hewan. Mengingat, hampir setiap tahun bertambah,” ujarnya. Untuk memastikan hewan terbebas penyakit. Dinkes Kota Jambi telah sudah menurunkan dokter hewan ke lokasi peternakan untuk memeriksa kesehatan binatang ternak.
Pemeriksaan itu, katanya, dilakukan hampir setiap hari terutama sebelum hewan itu disebarkan kepada pembeli termasuk apabila hendak dipotong maka harus dipastikan dulu kesehatannya sehingga aman untuk dikonsumsi.
Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat hendaknya mengetahui syarat sapi kurban boleh dipotong diantaranya umur minimal 1,5 tahun, tidak memiliki cacat tubuh termasuk memiliki tindik atau lubang di bagian telinga. “Paling penting, sapi kurban termasuk sapi potong harus mengantongi surat keterangan sehat dari dokter hewan dan tidak menderita penyakit sehingga aman dikonsumsi,” tambahnya.(yen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar