Senin, 12 Juli 2010

KT Maju Jaya Budidayakan Semangka

MEDIA JAMBI—Kelompok Tani Maju Jaya satu dari tujuh kelompok Tani di Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Kota Baru Jambi membudidayakan semangka madu, jenis semangka tanpa biji. Luas lahan yang ditanami sekitar satu hektar.
Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Bagan Pete Nurbasneli kepada Media Jambi mengatakan pembudidayaan semangka ini telah beberapa kali. Dan daerah ini sering dijadikan sebagai percontohan.

Di Kelurahan Bagan Pete terdapat tujuh kelompok tani yang mengelola berbagai jenis komoditi, seperti sayuran, dan buah-buahan. “Kami telah membagi wilayah menjadi beberapa sentra,” ujarnya. Namun kendala yang dialami petani dilokasi ini sebagian besar menggarap lahan milik para pejabat. Sehingga sewaktu-waktu lahan yang dikelola petani ini bisa diambil alih. Akibatnya produksi pertanian bisa memutus dan petani kehilangan pekerjaan. “Ada sekitar 130 petani yang menggarap lahan dilokasi ini. Semua tanah yang digarap milik para pejabat,” ujarnya.

Nurbasneli berharap kepada Pemerintah Kota Jambi dapat menyediakan lahan abadi sehingga petani bisa lebih tenang menggarap lahan. “Jika kondisi seperti ini, petani merasa was-was, karena setelah lahan dibersihkan diambil pemiliknya. Berapa besar kerugian yang dialami petani,” terangnya.

Padahal katanya petani yang ada disini cukup kreatif dalam mengolah lahan. Umumnya menggunakan pupuk organik. Jadi sayuran atau buah-buah yang dihasilkan bebas dari pupuk kimia. “Para petani umumnya telah memiliki keterampilan membuat kompos. Jadi tidak ada keluhan kekurangan pupuk,” tambahnya lagi.(mas)

1 komentar: