Selasa, 27 Juli 2010

Arifien Yakin Maju di Sarolangun

MEDIA JAMBI –. Pihak Golkar yakin aturan yang membatasi mantan Walikota Jambi dua periode, Arifien Manap maju sebagai calon Bupati Sarolangun tidak berlaku surut. Bahkan mereka siap menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun bila tidak memberi kesempatan kepada kadernya maju sebagai calon kepala daerah.
“Aturan itukan tidak berlaku surut. Lagian, Arifien itu tidak berturut-turut menjabat Walikota. Bila KPU bersikeras, kami akan lakukan uji materil,” kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap usai menghadiri cara Isra’ Mi’raj yang digelar AMPG di Aula Golkar Provinsi Jambi, Sabtu (24/7).
Didampingi Arifien Manap, Ketua AMPG Provinsi Jambi, Sy Fasya dan Wakil Bupati Tanjab Timur, M. Juber, menurutnya, pihaknya juga tak ingin gegabah. Mereka terus mengkaji aturan dan membicarakannya di internal partai dan berkonsultasi dengan guru Besar Tata Negara dari Universitas Indonesia yang juga menjabat sebagai Dirjen HAKI Depkumham, Abdul Bahri Azed, “Yang jelas hal ini kami kaji secara mendalam,” tegas dia. Arifien Manap mengungkapkan bahwa dirinya telah melayangkan surat ke KPU Sarolangun terkait bisa atau tidaknya ia maju sebagai calon. “Kita sudah surati namun belum ada jawaban,” ungkap Arifien. Ketua KPU Sarolangun, Desi Apriyanto mengaku belum bisa memberikan jawaban. “Kita belum bisa menjawab suat itu. Kami mesti berkonsultasi dulu dengan KPU Provinsi,” kata Desi.
Menurut pengamat hukum politik dan pemerintahan, Dasril Radjab apa yang termaktub dalam Pasal 58 Huruf 0 UU No 32 Tahun 2004, Pasal 38 Huruf 0 PP 6 th 2005 dan Peraturan KPU No 68 Tahun 2009 tegas menyataan bahwa syarat calon kepala daerah yakni tidak pernah menjabat sebagai kepala atau wakil kepala daerah selama 2 kali masa jabatan dan pada jabatan yang sama. “Normatifnya jelas. Diluar itu hanya wacana saja,” kata Dasril.
Ketua AMPG Provinsi Jambi, Sy Pasya mengatakan apapun kebijakan yang dikeluarkan Partai Golkar terkait Pilkada, pihaknya akan berada dibarisan depan dan siap mengawal kebijakan itu. “Apapun itu, kita siap mengawalnya. AMPG akan selalu didepan,” tegas Pasya.
(gtt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar