Senin, 12 Juli 2010

800 Kilometer Jalan Provinsi Rusak

MEDIA JAMBI - Sepanjang 800 kilometer jalan provinsi di Jambi rusak, karena banyaknya kendaraan yang melebihi tonase melintas jalan tersebut. Selain itu perbaikan jalan hanya dilakukan dengan tambal sulam. Sehingga tidak memiliki daya tahannya.

Pantauan Media Jambi dibeberapa tempat hampir seluruh ruas jalan yang ada di Provinsi Jambi rusak. Seperti jalan Simpang Tuan Kualatungkal, Simpang Tuan Muara Sabak, Jalan Lingkar Barat, jalan Lingkar Selatan, jalan Lingkar Barat, jalan Tempino-Muara Bulian, Jalan Ness-Muarabulian, jalan Bangko Sungai Penuh, jalan Limun-Muarasiau dan jalan Pulau Rengat-Jangkat.

Rusaknya ruas jalan provinsi ini mengakibatkan jarak tempuh semakin lama. Padahal jika jalan bagus bisa ditempuh empat jalan saat ini bisa hampir 24 jam. Sebagaimana yang diungkapkan Faisal (35) sopir angkutan Desa Bangko-Jangkat.

Menurutnya, rusaknya jalan ini mengakibatkan hasil tani sulit dipasarkan. Sehingga harga komoditi pertanian tidak memiliki nilai jual. Namun sebaliknya harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, minyak tanah dan bensin melambung tnggi mencapai dua kali lipat. “Mahalnya harga kebutuhan pokok ini disebabkan ongkos angkut yang cukup tinggi,” ujar Faisal kepada Media Jambi diterminal Alam Barajo, Selasa lalu.

Hal yang sama disampaikan Kamal (45) sopir travel Safa Marwa jurusan Jambi-Sungai Penuh. Menurutnya ruas jalan yang rusak menuju kabupaten Kerinci terdapat di Desa Markeh, Kabupaten Merangin dan Sanggaran Angung hingga Sungai Penuh.
Rusaknya ruas jalan ini selain dapat memperlambat jarak tempuh juga membuat banyak kendaraan yang mengalami kecelakaan. Masalahnya lubang yang harus dilalui cukup dalam mencapai 30 centimeter. “Lubang menganga cukup banyak,” ujarnya.

Selain itu umumnya dijalan yang rusak ini terdapat banyak pungli yang berpura-pura memperbaiki jalan. Dengan meminta imbalan berkisar Rp 5.000-Rp 15.000 per mobil yang lewat. Adanya pungli ini juga cukup meresahkan para sopir karena disetiap jalan rusak harus mengeluarkan uang.

Menanggapi banyaknya jalan yang rusak Kepala dinas PU Provinsi Jambi Nino Guritno mengatakan saat ini jalan yang rusak tersebut dalam perbaikan. Dari 800 kilometer jalan yang rusak pada tahun 2010 ini dapat diperbaiki sekitar 80 persen.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar